Thursday, September 8, 2016

SILABUS FILSAFAT ISLAM


SILABUS
SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017


IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah                  : Filsafat Islam
Jumlah Sks                              : 2 sks
Semester                                  : 1 (Gasal)
Program Studi                         : Semua Program Studi
Status Mata Kuliah                 : Wajib
Dosen                                      : Joni Harnedi, M.IS

 DESKRIPSI SINGKAT
Islam sebagai sumber peradaban, dipandang ikut meletakkan "prosesi batu pertama" bangunan budaya dan peradaban modern yang saat ini berkembang pesat di Barat. Di abad pertengahan itulah Islam merupakan juru 'penyelamat' bagi peradaban Yunani, Persia dan Romawi dengan cara menerjemahkannya ke dalam bahasa dan tradisi Islam. Kemajuan Islam era pertengahan tidak saja mewarisi pengetahuan Yunani-Romawi, akan tetapi telah memodifikasi dan menyempurnakan pengetahuan sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil usaha kreatif cendikiawan muslim seperti al-Kindi, Ibn Sina, al-Farabi, al-Razi dan setelahnya, selain mengadopsi kekayaan pengetahuan mereka, juga melahirkan teori dan pengetahuan orisinil yang sarna sekaIi baru. Sebagai sebuah pengetahuan, Filsafat sesungguhnya adalah induknya segala ilmu. Sebagai induk segala ilmu, maka filsafat mempengaruhi ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu fiqih, ilmu kalam, tafsir dan sebagainya. Berkenaan dengan itu, orientasi pembelajaran Filsafat Islam memberikan fostulat fundamental yang sangat mendasar kepada mahasiswa terutama dalam hal pentingnya berfikir secara logis, sistematis, radikal dan universal tentang hekekat segala sesuatu berdasarkan ajaran Islam. Di samping itu, pembelajaran Filsafat Islam juga berguna dalam memahami rangka bangun struktur ilmu yang ada.

STANDAR KOMPETENSI
           1.    Memiliki kemampuan dalam memahami sejarah timbul dan perkembangan filsafat di dunia Islam.
2.    Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan filsafat sebagai ilmu dasar dalam memahami ajaran-ajaran Islam dan ilmu pengetahuan lainnya secara komprehensif.
3.      Memiliki kemampuan menerapkan kaidah dan metodologi berfikir filsafat sistematis, radikal dan universal dalam memecahkan persoalan-persoalan keagamaan dan ilmu pengetahuan secara shahih dan benar.
4.      Mahasiswa mengetahui hakikat dasar tentang filsafat Islam dengan sebenarnya, baik artikulasi, objektifitas, metode, kegunaan maupun hubungannya dengan filsafat Yunani.
5.      Mahasiswa mengetahui beragam pemikiran dan corak filsafat para filosof Muslim
      6.   Mahasiswa memiliki sikap kritis dan daya analitis yang benar terhadap pemikiran kefilsafatan dalam Islam secara proporsional berdasarkan aspek ontologis, epitemologis maupun aksiologisnya.

  
 MATERI PERKULIAHAN
1.      Perkenalan, Penggalian motivasi, Menjelaskan metode perkuliahan, Sistem penilaian, Materi perkuliahan dan Silabus, Penyusunan Kontrak belajar.
             2.       Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Islam
a.       Definisi,
b.       Ruang Lingkup
c.       Hubungannya dengan Filsafat Yunani
d.       Sejarah Perkembangan Filsafat Islam
e.       Kegunaan Filsafat Islam
             3.       Sumber dan sejarah perkembangan Filsafat Islam
             4.       Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Filsafat Islam
             5.       Pembagian Wilayah Kajian Filsafat Islam
a.       Logika
b.       Ketuhanan
c.       Manusia
d.       Alam
             6.       Perbandingan Pemikiran Filsafat Islam dan Barat (Dialog Filsuf Muslim dengan Barat).
a.       Logika
b.       Ketuhanan
c.       Manusia
d.       Alam
          7.       Hubungan Filsafat dengan lImu pengetahuan serta Hubungan Filsafat Islam dengan Ilmu Kalam Tasawuf dan Fikih
            8.       UJIAN TENGAH SEMESTER
            9.       Dialog pemikiran al-Ghazali dengan Filosof Islam terhadap keberadaan Filsafat Islam.
            10.   Filsafat dan Agama.
            11.   Kekeliruan-Kekeliruan dalam Berfikir
            12.   Aliran-Aliran Filsafat Islam dan Tokoh-Tokoh Filsuf Muslim & Pemikirannya.
a.       Aliran Peripatetik
b.       Aliran Illuminasionis (Isyraqi)
c.       Aliran Irfani
d.       Aliran Hikmah Muta’aliyah
             13.   Beberapa Masalah Filsafat Islam Kontemporer.
             14.   Review Jurnal Filsafat Islam
             15.   Evaluasi Pembelajaran dan Kisi-kisi Ujian Akhir Semester
             16.   UJIAN AKHIR SEMESTER

INDIKATOR PENCAPAIAN
PERTEMUAN
INDIKATOR
1
Mahasiswa mengenal sesama mahasiswa dan dosen pembimbing, mahasiswa mempunyai motivasi dari dalam diri sendiri untuk mengikuti perkuliahan. Mahasiswa memahami metode perkuliahan, materi perkuliahan dan silabus, sistem penilaian serta mahasiswa menyepakati dan menaati kontrak perkuliahan yang telah disepakati bersama.
2
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Hakikat Filsafat Islam: Definisi, Objektifitas, Metode, Kegunaan, Ruang Lingkup dan Hubungannya dengan Filsafat Yunani (Sejarah Perkembangan Filsafat Islam)
3
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Sumber dan Objek Kajian Filsafat Islam
4
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Filsafat Islam
5
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Pembagian Wilayah Kajian Filsafat Islam
6
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Perbandingan Pemikiran Filsafat Islam dan Barat (Dialog Filsuf Muslim dengan Barat).
7
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Hubungan Filsafat dengan lImu pengetahuan serta Hubungan Filsafat Islam dengan Ilmu Kalam, Tasawuf dan Fikih
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
9
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Perbandingan Pemikiran Filsafat Islam dan Barat (Dialog Filsuf Muslim dengan Barat).
10
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Filsafat dan Agama.
11
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Kekeliruan-Kekeliruan dalam Berfikir
12
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Aliran-Aliran Filsafat Islam dan Tokoh-Tokoh Filsuf Muslim & Pemikirannya
13
Mahasiswa mengetahui dan mampu menganalisa secara kritis Beberapa Masalah Filsafat Islam Kontemporer
14
Mahasiswa mengenal jurnal sebagai sumber rujukan dalam karya ilmiah dan mampu membuat review terhadap jurnal. Selanjutnya mahasiswa dapat menulis jurnal.
15
Mahasiswa memahami materi perkuliahan secara keseluruhan dan memahami kisi-kisi ujian akhir.
16
Ujian Akhir Semester (UAS)

 STRATEGI PEMBELAJARAN
A.    METODOLOGI/TEKNIK PEMBELAJARAN: (1) Ceramah; (2) Diskusi; (3) Tanya-Jawab; (4) Pemberian Tugas Resume dan Review Jurnal;  (5) Presentasi; dan (6) Preview Dosen.

B.     MEDIA/ALAT PEMBELAJARAN: (1) Deskripsi atau Kerangka Umum; (2) Skema/Bagan; dan (3) Slide in Focus.

C.    SISTEM PENILAIAN:
Nilai akhir mahasiswa ditentukan berdasarkan bobot penilaian dengan komposisi sebagai berikut:
·         Absensi Kehadiran                                                      10 %
·         Makalah, Presentasi & Aktifitas Diskusi                    25 %
·         Ujian Tengah Semester (UTS)                                    25 %
·         Ujian Akhir Semester (UAS)                                      40 %

  REFERENSI
A.    PRIMER/WAJIB
1.      Dedi Supriyadi, 2009, Pengantar Filsafat Islam: Konsep, Filsuf dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia.
2.      Hasyimsyah Nasution, 1999, Filsafat Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.
3.      Seyyed Hossein Nasr dan Oliver Leaman (ed.), 2003, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam (Buku Pertama), Bandung: Mizan.
4.      Muhammad Maghfur W., 2002, Koreksi atas Kesalahan Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam, Bangil: al-Izzah.
5.      Mulyadi Kartanegara, 2006, Gerbang Kearifan: Sebuah Pengantar Filsafat Islam, Jakarta: Lentera Hati.
6.      Mulyadi Kartanegara, 2002, Menembus Batas Waktu: Panorama Filsafat Islam, Bandung: Mizan
7.      Ahmad Fuad al-Ahwani, 1997, Filsafat Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus
8.      Abdul Maqsud Abdul Ghani Abdul Maqsud, 2000, Agama dan Filsafat, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

B.     SEKUNDER/PENUNJANG
1.      Abdul Rozak, 2001, Cara Memahami Islam: Metodologi Studi Islam, Bandung: Gema Media Pusakatama.
2.      Abu Mujahid, 2011, Pemuja Filsafat: Pengantar untuk Tidak Menyukai Filsafat, Bandung: Toobagus Publishing.
3.      Ahmad Zainul Hamdi, 2004, Tujuh Filsuf Muslim Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat Modern, Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.
4.      Ahmad ibn al-Shiddîq al-Ghamârî al-Hasanî, 2007, Dzamm al-Asyâ’irah wa al-Mutakallimin wa al-Falâsifah, Riyadh: Dâr al-Tauhîd.
5.      Fahd ibn Shâlih al-‘Ajlân, 1433 H., Ma’rakah al-Nash, Riyadh: Maktab Majallah al-Bayân.
6.      Ibrahim Hilal, 2002, Epistemologi Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Bandung: Lintas Pustaka Publisher.
7.      Idri, 2008, Epistemologi Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Jakarta: Lintas Pustaka Publisher.
8.      Imam al-Ghazali, 2012, Tahafut al-Falasifah: Membongkar Tabir Kerancuan Para Filosof, Bandung: Marja.
9.      Miska Muhammad Amien, 1983, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam, Jakarta: UI-Press.
10.  Muhammad Shiddîq Hasan Khân, 2000, Qashd al-Sabîl ilâ Dzamm al-Kalâm wa al-Ta’wîl, ed. Sa’îd Ma’syâsyah, Beirut: Dâr Ibn Hazm.
11.  Muhammad Yâsir al-Syaraf, 1981, al-Wahdah al-Muthlaqah ‘inda Ibn al-Sab’în, Irak: Wazârah al-Tsaqâfah wa al-I’lâm.
12.  Muhsin Labib, 2005, Para Filosof Sebelum dan Sesudah Mullâ Shadrâ, Jakarta: al-Huda.
13.  Mulyadhi Kartanagara, 2003, Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, Bandung: Penerbit Mizan.
14.  Muhyar Fanani, 2009, Ilmu Ushul Fiqh di Mata Filsafat Ilmu, Semarang: Walisongo Press.
15.  Rājih ’Abd al-Hamīd al-Kurdī, 1992, Nazhariyyah al-Ma’rifah baina al-Qur‘ān wa al-Falsafah, Riyadh: Dār al-Mu‘ayyid dan The International Institute of Islamic Thought Virginia.
16.  Seyyed Hossein Nasr dan William C. Chittick, 2001, Islam Intelektual: Teologi, Filsafat & Ma’rifat, Depok: Perenial Press.
17.  Sudarsono, 2010, Filsafat Islam, Jakarta: Rineka Cipta.
18.  Suparman Syukur, 2007, Epistemologi Islam Skolastik: Pengaruhnya pada Pemikiran Islam Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan IAIN Walisongo Semarang.
C.    SITUS REFERENSI JURNAL
Berikut ini beberapa alamat jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia, atau dapat dilihat dalam blog : joniharnedi.blogspot.co.id
           1.      Universitas Indonesia                                     journal.ui.ac.id
           2.      Institut Pertanian Bogor                                  journal.ipb.ac.id
           3.      Universitas Pendidikan Indonesia                  jurnal.upi.edu
           4.      Institut Teknologi Bandung                            journal.itb.ac.id
           5.      Universitas Padjadjaran                                  jurnal.unpad.ac.id
           6.      Universitas Negeri Semarang                         journal.unnes.ac.id
           7.      Universitas Diponegoro                                  ejournal.undip.ac.id
           8.      Universitas Jenderal Soedirman                     jurnalonline.unsoed.ac.id
           9.      Universitas Gadjah Mada                               journal.ugm.ac.id
           10.  Universitas Negeri Yogyakarta                      journal.uny.ac.id
           11.  Universitas Airlangga                                     journal.unair.ac.id
           12.  Universitas Udayana                                       ojs.unud.ac.id
           13.  Universitas Sumatra Utara                              ejournal.usu.ac.id
           14.  Universitas Hasanuddin                                 journal.unhas.ac.id
           15.  Universitas Negeri Padang                             ejournal.unp.ac.id
           16.  UIN Jakarta                                                     journal.uinjkt.ac.id
           17.  UIN Yogyakarta                                             journal.uin-suka.ac.id
           18.  UIN Malang                                                    ejournal.uin-malang.ac.id
           19.  UIN Surabaya                                                 ejournal.uinsby.ac.id
TUGAS MAHASISWA
  1. Mahasiswa membuat resume individu sesuai dengan tema yang dibicarakan pada pertemuan tersebut. Dipresentasikan dan dikumpulkan setiap pertemuan. Resume ditulis dalam kertas double folio.
  2. Mencari dan mereview jurnal filsafat islam.
           3.      Setiap perkuliahan mahasiswa mesti membawa minimal 1 (satu) buah buku Filsafat Islam atau 1 (satu) buah print out jurnal yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Bagi yang tidak membawa buku atau jurnal, maka dianggap tidak hadir pada pertemuan tersebut
Takengon, 9 September 2016
Dosen Pengampu Mata Kuliah




Joni Harnedi, M.IS
NIP. 19810611 201403 1002 
Hp        : 081267409486

No comments: