SILABUS
SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :
Filsafat Islam
Jumlah Sks : 2 sks
Semester : 1 (Gasal)
Program Studi :
Semua Program Studi
Status Mata
Kuliah : Wajib
Dosen : Joni Harnedi, M.IS
DESKRIPSI SINGKAT
Islam sebagai sumber peradaban, dipandang ikut
meletakkan "prosesi batu pertama" bangunan budaya dan peradaban
modern yang saat ini berkembang pesat di Barat. Di abad pertengahan itulah
Islam merupakan juru 'penyelamat' bagi peradaban Yunani, Persia dan Romawi dengan
cara menerjemahkannya ke dalam bahasa dan tradisi Islam. Kemajuan Islam era
pertengahan tidak saja mewarisi pengetahuan Yunani-Romawi, akan tetapi telah
memodifikasi dan menyempurnakan pengetahuan sebelumnya. Hal ini dibuktikan
dengan hasil usaha kreatif cendikiawan muslim seperti al-Kindi, Ibn Sina,
al-Farabi, al-Razi dan setelahnya, selain mengadopsi kekayaan pengetahuan
mereka, juga melahirkan teori dan pengetahuan orisinil yang sarna sekaIi baru.
Sebagai sebuah pengetahuan, Filsafat sesungguhnya adalah induknya segala ilmu.
Sebagai induk segala ilmu, maka filsafat mempengaruhi ilmu-ilmu lainnya,
seperti ilmu fiqih, ilmu kalam, tafsir dan sebagainya. Berkenaan dengan itu,
orientasi pembelajaran Filsafat Islam memberikan fostulat fundamental yang
sangat mendasar kepada mahasiswa terutama dalam hal pentingnya berfikir secara
logis, sistematis, radikal dan universal tentang hekekat segala sesuatu
berdasarkan ajaran Islam. Di samping itu, pembelajaran Filsafat Islam juga
berguna dalam memahami rangka bangun struktur ilmu yang ada.
1. Memiliki
kemampuan dalam memahami sejarah timbul dan perkembangan filsafat di dunia
Islam.
2. Memiliki kemampuan dalam memahami dan menjelaskan
filsafat sebagai ilmu dasar dalam memahami ajaran-ajaran Islam dan ilmu pengetahuan
lainnya secara komprehensif.
3.
Memiliki
kemampuan menerapkan kaidah dan metodologi berfikir filsafat sistematis,
radikal dan universal dalam memecahkan persoalan-persoalan keagamaan dan ilmu
pengetahuan secara shahih dan benar.
4.
Mahasiswa mengetahui hakikat
dasar tentang filsafat Islam dengan sebenarnya, baik artikulasi, objektifitas,
metode, kegunaan maupun hubungannya dengan filsafat Yunani.
5.
Mahasiswa
mengetahui beragam pemikiran dan corak filsafat para
filosof Muslim
6. Mahasiswa memiliki sikap kritis dan daya analitis yang benar terhadap pemikiran kefilsafatan dalam Islam secara
proporsional berdasarkan aspek ontologis, epitemologis
maupun aksiologisnya.
MATERI PERKULIAHAN
1. Perkenalan, Penggalian motivasi,
Menjelaskan metode perkuliahan,
Sistem penilaian, Materi perkuliahan dan Silabus,
Penyusunan Kontrak belajar.
2.
Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Islam
a. Definisi,
b. Ruang Lingkup
c. Hubungannya dengan Filsafat Yunani
d. Sejarah Perkembangan Filsafat Islam
e. Kegunaan Filsafat Islam
3.
Sumber dan sejarah perkembangan Filsafat Islam
4.
Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Filsafat Islam
5.
Pembagian Wilayah Kajian Filsafat Islam
a. Logika
b. Ketuhanan
c. Manusia
d. Alam
6.
Perbandingan Pemikiran Filsafat Islam dan Barat (Dialog Filsuf Muslim
dengan Barat).
a. Logika
b. Ketuhanan
c. Manusia
d. Alam
7.
Hubungan Filsafat dengan lImu pengetahuan serta Hubungan Filsafat Islam
dengan Ilmu Kalam Tasawuf dan Fikih
8. UJIAN TENGAH SEMESTER
9.
Dialog pemikiran al-Ghazali dengan Filosof Islam terhadap keberadaan
Filsafat Islam.
10.
Filsafat dan Agama.
11.
Kekeliruan-Kekeliruan dalam Berfikir
12.
Aliran-Aliran Filsafat Islam dan Tokoh-Tokoh Filsuf
Muslim & Pemikirannya.
a. Aliran Peripatetik
b. Aliran Illuminasionis
(Isyraqi)
c. Aliran Irfani
d. Aliran Hikmah Muta’aliyah
13.
Beberapa Masalah Filsafat Islam Kontemporer.
14.
Review Jurnal Filsafat Islam
15.
Evaluasi Pembelajaran dan Kisi-kisi Ujian Akhir Semester
16. UJIAN AKHIR SEMESTER
INDIKATOR PENCAPAIAN
PERTEMUAN
|
INDIKATOR
|
1
|
Mahasiswa mengenal sesama mahasiswa dan dosen pembimbing,
mahasiswa mempunyai motivasi dari dalam diri sendiri untuk mengikuti
perkuliahan. Mahasiswa memahami metode perkuliahan, materi perkuliahan dan
silabus, sistem penilaian serta
mahasiswa menyepakati dan menaati kontrak perkuliahan yang telah disepakati
bersama.
|
2
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Hakikat Filsafat Islam: Definisi,
Objektifitas, Metode, Kegunaan,
Ruang Lingkup dan Hubungannya dengan Filsafat Yunani (Sejarah Perkembangan Filsafat Islam)
|
3
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Sumber dan Objek Kajian
Filsafat Islam
|
4
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Ontologi, Epistemologi dan
Aksiologi Filsafat Islam
|
5
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Pembagian Wilayah Kajian
Filsafat Islam
|
6
|
Mahasiswa mengetahui
dan mampu menganalisa secara kritis
Perbandingan Pemikiran Filsafat Islam dan
Barat (Dialog Filsuf Muslim dengan Barat).
|
7
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Hubungan Filsafat dengan
lImu pengetahuan serta Hubungan Filsafat Islam dengan Ilmu Kalam, Tasawuf dan
Fikih
|
8
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
9
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Perbandingan Pemikiran
Filsafat Islam dan Barat (Dialog Filsuf Muslim dengan Barat).
|
10
|
Mahasiswa mengetahui
dan mampu menganalisa secara kritis
Filsafat dan Agama.
|
11
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Kekeliruan-Kekeliruan dalam
Berfikir
|
12
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Aliran-Aliran Filsafat Islam
dan Tokoh-Tokoh Filsuf Muslim & Pemikirannya
|
13
|
Mahasiswa
mengetahui dan mampu menganalisa
secara kritis Beberapa Masalah Filsafat
Islam Kontemporer
|
14
|
Mahasiswa mengenal jurnal sebagai sumber rujukan dalam
karya ilmiah dan mampu membuat review terhadap jurnal. Selanjutnya mahasiswa
dapat menulis jurnal.
|
15
|
Mahasiswa memahami materi perkuliahan secara keseluruhan
dan memahami kisi-kisi ujian akhir.
|
16
|
Ujian Akhir Semester
(UAS)
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
A. METODOLOGI/TEKNIK PEMBELAJARAN: (1) Ceramah; (2) Diskusi; (3) Tanya-Jawab; (4) Pemberian Tugas Resume dan Review Jurnal;
(5) Presentasi;
dan (6) Preview Dosen.
B. MEDIA/ALAT
PEMBELAJARAN: (1) Deskripsi atau Kerangka
Umum; (2)
Skema/Bagan;
dan (3) Slide in Focus.
C.
SISTEM PENILAIAN:
Nilai akhir mahasiswa ditentukan berdasarkan bobot penilaian dengan
komposisi sebagai berikut:
·
Absensi
Kehadiran
10 %
·
Makalah, Presentasi & Aktifitas
Diskusi
25 %
·
Ujian Tengah Semester (UTS)
25 %
·
Ujian Akhir Semester (UAS)
40 %
A. PRIMER/WAJIB
1. Dedi Supriyadi, 2009, Pengantar Filsafat Islam:
Konsep, Filsuf dan Ajarannya, Bandung: Pustaka Setia.
2. Hasyimsyah Nasution, 1999, Filsafat Islam,
Jakarta: Gaya Media Pratama.
3.
Seyyed
Hossein Nasr dan Oliver Leaman (ed.), 2003, Ensiklopedi Tematis
Filsafat Islam (Buku Pertama), Bandung: Mizan.
4.
Muhammad
Maghfur W., 2002, Koreksi atas Kesalahan Pemikiran Kalam dan Filsafat Islam,
Bangil: al-Izzah.
5.
Mulyadi
Kartanegara, 2006, Gerbang Kearifan: Sebuah Pengantar Filsafat Islam,
Jakarta: Lentera Hati.
6.
Mulyadi
Kartanegara, 2002, Menembus Batas Waktu: Panorama Filsafat Islam,
Bandung: Mizan
7.
Ahmad Fuad
al-Ahwani, 1997, Filsafat Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus
8.
Abdul Maqsud
Abdul Ghani Abdul Maqsud, 2000, Agama dan Filsafat, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
B. SEKUNDER/PENUNJANG
1. Abdul Rozak, 2001, Cara Memahami Islam:
Metodologi Studi Islam, Bandung: Gema Media Pusakatama.
2. Abu Mujahid, 2011, Pemuja Filsafat: Pengantar
untuk Tidak Menyukai Filsafat, Bandung: Toobagus Publishing.
3.
Ahmad Zainul
Hamdi, 2004, Tujuh Filsuf Muslim Pembuka Pintu Gerbang Filsafat Barat Modern,
Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.
4.
Ahmad
ibn al-Shiddîq al-Ghamârî al-Hasanî, 2007, Dzamm al-Asyâ’irah wa
al-Mutakallimin wa al-Falâsifah, Riyadh: Dâr al-Tauhîd.
5.
Fahd ibn
Shâlih al-‘Ajlân, 1433 H., Ma’rakah al-Nash, Riyadh: Maktab
Majallah al-Bayân.
6.
Ibrahim
Hilal, 2002, Epistemologi Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam,
Bandung: Lintas Pustaka Publisher.
7.
Idri, 2008, Epistemologi
Ilmu Pengetahuan & Keilmuan Hukum Islam, Jakarta: Lintas Pustaka
Publisher.
8.
Imam
al-Ghazali, 2012, Tahafut al-Falasifah: Membongkar Tabir Kerancuan Para
Filosof, Bandung: Marja.
9.
Miska
Muhammad Amien, 1983, Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan
Islam, Jakarta: UI-Press.
10. Muhammad Shiddîq Hasan Khân, 2000, Qashd
al-Sabîl ilâ Dzamm al-Kalâm wa al-Ta’wîl, ed. Sa’îd Ma’syâsyah,
Beirut: Dâr Ibn Hazm.
11. Muhammad Yâsir al-Syaraf, 1981, al-Wahdah
al-Muthlaqah ‘inda Ibn al-Sab’în, Irak: Wazârah al-Tsaqâfah wa al-I’lâm.
12. Muhsin Labib, 2005, Para Filosof Sebelum dan
Sesudah Mullâ Shadrâ, Jakarta: al-Huda.
13. Mulyadhi Kartanagara, 2003, Menyibak Tirai
Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, Bandung: Penerbit Mizan.
14. Muhyar Fanani, 2009, Ilmu Ushul Fiqh di Mata
Filsafat Ilmu, Semarang: Walisongo Press.
15. Rājih ’Abd al-Hamīd al-Kurdī, 1992, Nazhariyyah
al-Ma’rifah baina al-Qur‘ān wa al-Falsafah, Riyadh: Dār al-Mu‘ayyid dan The
International Institute of Islamic Thought Virginia.
16. Seyyed Hossein Nasr dan William C. Chittick, 2001,
Islam Intelektual: Teologi, Filsafat & Ma’rifat, Depok: Perenial
Press.
17. Sudarsono, 2010, Filsafat Islam, Jakarta:
Rineka Cipta.
18. Suparman Syukur, 2007, Epistemologi Islam
Skolastik: Pengaruhnya pada Pemikiran Islam Modern, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar dan IAIN Walisongo Semarang.
C. SITUS REFERENSI JURNAL
Berikut ini beberapa alamat jurnal
ilmiah yang diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia, atau dapat dilihat dalam blog : joniharnedi.blogspot.co.id
TUGAS MAHASISWA
- Mahasiswa membuat resume individu
sesuai dengan tema yang dibicarakan pada pertemuan tersebut. Dipresentasikan dan dikumpulkan setiap pertemuan. Resume ditulis dalam kertas double folio.
- Mencari dan mereview jurnal filsafat islam.
3. Setiap perkuliahan mahasiswa mesti membawa minimal
1 (satu) buah buku Filsafat Islam atau 1 (satu) buah print out jurnal yang
berkaitan dengan tema yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Bagi yang tidak
membawa buku atau jurnal, maka dianggap tidak hadir pada pertemuan tersebut
Takengon, 9 September 2016
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Joni
Harnedi, M.IS
NIP. 19810611 201403 1002
Hp : 081267409486
E-mail : joni_harnedi_ukm@yahoo.ca
No comments:
Post a Comment