SILABUS
SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2016/2017
A.
IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah :
Ilmu Kalam
Jumlah Sks : 2 sks
Semester : 1 (Gasal)
Program Studi :
Semua Program Studi
Status Mata
Kuliah : Wajib
Dosen : Joni Harnedi, M.IS
B. DESKRIPSI DAN TUJUAN MATA KULIAH
Ilmu
Kalam merupakan salah satu disiplin keilmuan yang telah tumbuh dan berkembang
di antara tradisi kajian keislaman yang lain seperti Tafsir, Hadits, Fiqh,
Tasawuf, dan Filsafat. Secara sederhana Ilmu Kalam bisa disebut sebagai ilmu
yang berbicara mengenai aspek-aspek ketuhanan dan sejarah pemikiran dan
perdebatan ketuhanan dalam Islam. Oleh karena itu, Ilmu Kalam menempati posisi paling
pokok dalam pemahaman ajaran Islam. Karena pentingnya juga, seringkali
penyampaiannya dilakukan melalui pendekatan doktrinasi dan dogmatis.
Adapun
silabus Ilmu Kalam ini akan diarahkan pada aspek kajian historis sejarah
pemikiran Kalam dalam Islam. Dimulai dengan pengenalan terhadap Ilmu Kalam,
mahasiswa selanjutnya akan dikenalkan terhadap aliran-aliran yang berkembang
dalam ranah Ilmu Kalam. Oleh sebab itu, mata kuliah ini akan
menekankan pada pemahaman terhadap cara berpikir para mutakallimun dalam menetapkan
pendapatnya.
Tujuan utama dari kajian ini adalah untuk menjelaskan landasan keimanan
umat Islam dalam tatanan yang filosofis dan logis. Mahasiswapun diharapkan akan
dapat berargumentasi terhadap aqidah mereka. Akhirnya, dengan mengetahui
keragaman cara berpikir para mutakallimun, mahasiswa diharapkan dapat
menghargai perbedaan pendapat yang berkembang dalam masyarakat Muslim.
C.
STRATEGI PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Presentasi
makalah
- Diskusi
dan dialog
- Penugasan mandiri dan terstruktur
D.
EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasi dilakukan didasarkan pada
presensi, keaktifan di kelas, penulisan dan presentasi makalah, serta hasil
ujian tengah semester dan ujian akhir yang dilakukan secara tertulis.
Sistem
Perkuliahan dan Penilaian
- Quis ditambah
kehadiran dinilai 10 %
- Mahasiswa diharapkan berperan
aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan mahasiswa akan dinilai dari partisipasi mereka dalam
memberikan gagasan, pertanyaan, kritik dan komentar ketika proses
perkuliahan berlangsung. Setiap mahasiswa (dibagi dalam beberapa kelompok)
mempresentasikan tema tertentu dan membuat makalah untuk materi yang akan
dipresentasikan. Mahasiswa diharuskan mempelajari materi-materi yang sudah
ditentukan dan diharapkan dapat melengkapinya dengan materi yang relevan.
Mahasiswa juga diminta untuk membuat tiga pertanyaan untuk setiap pertemuan.
Penilaian untuk setiap presentasi, makalah dan penugasan adalah 25%.
- Ujian Tengah
Semester (UTS) diadakan untuk mengevaluasi penguasaan materi selama
setengah semester dengan penilaian 25%. Sedangkan Ujian
Akhir Semester (UAS) diadakan untuk mengevaluasi penguasaan keseluruhan
materi selama satu semester dengan penilaian 40%.
NO
|
Jenis Tagihan
|
Bobot (%)
|
Ket
|
1
|
Partisipasi/quis
|
10 %
|
|
2
|
Tugas makalah
|
25 %
|
|
3
|
Ujian Tengah Semester
|
25 %
|
|
4
|
Ujian Akhir Semester
|
40 %
|
|
Jumlah
|
100%
|
E.
TOPIK/SUB TOPIK
1. Pertemuan : Pertama
Materi Perkuliahan :
Pengantar Kuliah
a.
Perkenalan
b.
Penggalian Motivasi
c.
Menjelaskan
metode perkuliahan
d.
Sistem
penilaian
e.
Materi
perkuliahan dan Silabus
f.
Penyusunan Kontrak belajar
g.
Pembagian kelompok diskusi
2. Pertemuan : Kedua
Materi
Perkuliahan : Pengantar Ilmu Kalam (Teologi Islam).
a.
Pendahuluan
b.
Pengertian Ilmu Kalam
·
Etimologi (Bahasa)
·
Terminologi (Istilah)
c.
Nama-nama Lain dan Sebab Penamaan Ilmu Kalam
·
Nama
Ilmu Kalam dalam Bahasa Arab
·
Nama
Ilmu Kalam dalam Bahasa Inggris
d.
Objek Kajian Ilmu Kalam
e.
Tujuan dan
manfaat mempelajari Ilmu Kalam
f.
Peran/
fungsi Ilmu Kalam dalam kehidupan sosial
g. Kesimpulan
h. Rujukan (Daftar kepustakaan)
3. Pertemuan : Ketiga
Materi Perkuliahan :
Dasar-dasar dan Sejarah Timbulnya Ilmu Kalam
a.
Sejarah
perkembangan Ilmu Kalam
·
Pada
masa Nabi
·
Masa
Khalifah al-Rasyidin
·
Masa
Khalifah Bani Umayyah
·
Masa
Khalifah Bani Abbasiyah
b.
Faktor
penyebab lahirnya Ilmu Kalam
·
Faktor
Internal lahirnya Ilmu Kalam
·
Faktor
eksternal lahirnya Ilmu Kalam
c.
Pro
dan Kontra terhadap Ilmu Kalam
d.
Kesimpulan
e.
Rujukan (Daftar
Kepustakaan)
4. Pertemuan : Keempat
Materi Perkuliahan :
Hubungan Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
a.
Pendahuluan
b.
Pengertian Ilmu Kalam, Filsafat dan Tasawuf
c.
Hubungan Ilmu Kalam dengan Filsafat
d.
Hubungan Ilmu Kalam dengan Tasawuf
e.
Kesimpulan
f.
Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
5. Pertemuan : Kelima
Materi Perkuliahan :
IMAN, KUFR, NIFAQ, SYIRK
a.
Pendahuluan
b.
Pengertian Iman, Kufr, Nifaq dan Syirk
c.
Perbedaan
Iman, Kufr, Nifaq dan Syirk
d.
Dalil
al-Quran dan Hadis tentang Iman, Kufr, Nifaq dan Syirk
e.
Kesimpulan
f.
Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
6. Pertemuan :
Keenam
Materi Perkuliahan :
Tauhid
a.
Pendahuluan
b.
Dalil
al-Qur’an dan hadis tentang tauhid
c.
Pengertian/makna Tauhid Dzat, Tauhid Sifat, Tauhid
Rububiyyah dan Tauhid Uluhiyah
d.
Tauhidullah
1. Makna kalimat Laailaaha
Illallah
2. Ma’rifatullah
3. Muraqabah
e.
Kesimpulan
f.
Rujukan (Daftar Kepustakaan)
7.
Pertemuan : Ketujuh
Materi
Perkuliahan : Khawarij dan Murji’ah
a.
Pendahuluan
b.
Aliran
Khawarij dan Murji’ah
1. Sejarah perkembangan aliran Khawarij
dan Murji’ah
2. Tokoh aliran Khawarij dan Murji’ah
3. Ajaran pokok dan perbandingan aliran
Khawarij dan Murji’ah
c.
Dalil al-Qur’an yang menjadi landasan masing-masing
aliran
d.
Kesimpulan
e.
Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
8.
Pertemuan :
Kedelapan
Materi Perkuliahan :
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
9.
Pertemuan : Kesembilan
Materi Perkuliahan : Jabariyah dan Qadariyah
a.
Pendahuluan
b.
Sejarah Perkembangan aliran Jabariyah dan Qadariyah
c.
Tokoh-Tokoh aliran Jabariyah dan Qadariyah
d.
Ajaran Pokok dan Perbandingan aliran Jabariyah dan
Qadariyah
e.
Dalil
al-Qur’an yang menjadi landasan masing-masing aliran
f.
Kesimpulan
g.
Rujukan (Daftar Kepustakaan)
10. Pertemuan :
Kesepuluh
Materi Perkuliahan : Pemikiran Teologi al-Mu’tazilah dan al-Syi’ah
a.
Pendahuluan
b.
Sejarah Perkembangan aliran Muktazilah dan Syi’ah
c.
Tokoh-tokoh Aliran Muktazilah dan Syi’ah
d.
Ajaran Pokok dan Perbandingan aliran Muktazilah dan
Syi’ah
e.
Dalil
al-Quran yang menjadi landasan masing-masing aliran
f.
Kesimpulan
g.
Rujukan (Daftar Kepustakaan)
11. Pertemuan :
Kesebelas
Materi Perkuliahan :
Ahlussunnah Salaf
dan khalaf
a. Pendahuluan
b. Ahlussunnah Salaf dan Khalaf
1.
Sejarah
perkembangan Aliran Ahlussunnah Salaf
a. Tokoh Aliran Ahlussunnah Salaf
(Ahmad bin Hanbal dan Ibn Taimiyah
b. Ajaran Pokok aliran Ahlussunnah
Salaf
2.
Sejarah
Perkembangan Aliran Ahlussunnah Khalaf
a. Tokoh dan pemikiran Ahlussunnah
Khalaf (al-Asy’ari dan al-Maturidi)
b. Perkembangan dan tokoh aliran
Asy’ariyah dan al-Maturidiyah
c. Ajaran Pokok aliran Asy’ariyah dan
al-Maturidiyah
c. Dalil
al-Quran yang menjadi landasan masing-masing aliran
d. Kesimpulan
e. Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
12. Pertemuan :
Keduabelas
Materi Perkuliahan : Persoalan Utama yang dibicarakan dalam Ilmu Kalam (Perbandingan
pemikiran)
a. Pendahuluan
b. Pelaku
Dosa Besar dalam Ilmu Kalam
c. Iman
dan Kufur dalam Ilmu Kalam
d. Perbuatan Tuhan dan Manusia
e. Kehendak Mutlak dan keadilan Tuhan
f.
Dalil naqli yang menjadi landasan masing-masing aliran
g. Kesimpulan
h. Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
13. Pertemuan :
Ketigabelas
Materi Perkuliahan :
Rukun Iman (1)
a. Pendahuluan
b. Iman Kepada Allah
c. Iman kepada Malaikat
d. Iman kepada Kitab
e. Dalil
naqli setiap rukun Iman
f.
Kesimpulan
g. Rujukan
14. Pertemuan :
Keempatbelas
Materi Perkuliahan :
Rukun Iman (2)
a. Pendahuluan
b. Iman Kepada Rasul
c. Iman Kepada Hari Akhir
d. Iman Kepada Qada’ dan Qadar
e. Dalil
naqli setiap rukun iman
f.
Kesimpulan
g. Rujukan
(Daftar Kepustakaan)
15. Pertemuan :
Kelima belas
Materi Perkuliahan :
Review Jurnal Ilmu Kalam
16.
UJIAN AKHIR SEMESTER
F. Tugas Mahasiswa
1.
Makalah
- Makalah di kumpulkan paling lambat pada pertemuan ke 4, dan dicopykan
untuk setiap mahasiswa. Perbaikan makalah dan soft copy diserahkan 1
minggu setelah tampil makalah.
- Paling lambat satu hari sebelum presentasi makalah, kelompok mesti
konsultasikan makalahnya dengan dosen pembimbing.
- Pemakalah dalam mempresentasikan makalah mesti membuat ringkasan atau
point-point makalah (Peta Konsep).
- Daftar
pustaka minimal 7 sumber (ensiklopedi, kamus, jurnal, buku, majalah,
kitab, internet dll)
- Sistematika
makalah cover, judul, pendahuluan, pembahasan, penutup/kesimpulan, daftar kepustakaan, biografi singkat
penulis.
- Diketik
dengan huruf Times New Roman, font 12, jarak spasi 1.5
- Menggunakan
ukuran kertas kuarto (A 4)
- Margin
(Top: 4 cm, Left: 4cm, Bottom: 3cm, Right: 3cm.)
- Minimal
9 halaman (mencakup seluruh isi struktur)
- Dalam pengutipan sumber data harus menggunakan catatan kaki (footnote),
bukan endnote atau bentuk lainnya. Catatan kaki (Footnote) dari Jurnal
online dituliskan nama penulis jurnal, judul tulisan, alamat situs, tgl
akses
- Penggunaan
sumber internet maksimal 30 % dari total sumber referensi yang digunakan.
- Untuk
sumber internet dituliskan nama penulis artikel (atau Anonim jika tanpa
penulis), judul artikel, alamat situs, dan tanggal akses.
2. Review Jurnal. Pertemuan ke 15. Setiap kelompok
mencari satu buah jurnal yang berkaitan dengan Ilmu Kalam, kemudian membuat
review terhadap jurnal tersebut.
3. Setiap perkuliahan mahasiswa mesti membawa minimal
1 buah buku Ilmu Kalam atau 1 (satu) buah print out jurnal yang berkaitan
dengan tema yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Bagi yang tidak membawa buku
atau jurnal, maka dianggap tidak hadir pada pertemuan tersebut
G. Referensi
a. Referensi Wajib
1. Harun Nasution, Teologi Islam;
Aliran-Aliran, Sejarah Analisa Perbandingan, UI-Press, Jakarta, 2002,
2. Abdul Rozak dan Rosihan Anwar, Ilmu
Kalam, Pustaka Setia, Bandung, 2007, hal: 13-29
b. Bahan Bacaan
1.
‘Abd al-Jabbâr, 1965,
Sharh al-Usûl al-Khamsah, ‘Abd
al-Karîm ‘Uthmân. al-Qâhirah: Maktabah al-Nahdah
2.
Afrizal. 2006. Ibn
Rusyd; 7 Perdebatan Utama dalam Teologi Islam. Jakarta: Erlangga.
3.
al-Âmidî, Sayf al-Dîn. 1971. Ghâyah al-Marâm fi ’Ilm al-Kalâm. al-Qâhirah: Majlis al-A’la li Shu’un al-Islamiyyah.
4.
al-Ash’ari, 1955. Kitab al-Luma’ fi al-Radd ‘ala Ahl-Zaygh wa
al-Bida’, al-Qâhirah: Sharikah Muhasamah Misriyah.
5.
al-Ash’ari, 1969, Maqâlât al-Islamiyyin., Jilid ke-2, al-Qâhirah:
Maktabah al-Nahdhah al-Misriyyah.
6.
al-Ash’ari, t.th, al-Ibânah ‘an Usûl al-Diyânah. al-Qâhirah:
Dâr al-Tsaqafah wa al-Irsyâd al-Qawmî.
7.
Bazdawî, 1963, Kitâb Usûl al-Dîn. al-Qâhirah: Dâr al-Ihya’ al-Kutub.
8.
Ibrahim Abu Bakar. 2008. Tradisionalisme
dan Rasionalisme dalam Ilmu Kalam. Bangi: FPI UKM.
9.
al-Mâturîdi. 1979. Kitâb al-Tawhîd.
Istanbul: Maktabah al-Islâmiyyah Muhammad Ouzdemer.
10.
Matondang, Ali Ya’kub. 1996. Pemikiran Kalam Muktazilah, Medan: Jabal
Rahmat.
11.
Mustafâ, al-Ghurâbî Ali, 1959,
Tarikh al-Firâq al-Islamiyyah. al-Qâhirah:
Muhammad Ali Shubhi.
12. Nasution,
Harun. 1983. Akal dan Wahyu Dalam Islam. Jakarta: UI Press.
13.
Subhî, Ahmad Mahmûd. 1985. Fi ‘Ilm al-Kalâm; al-Ashâ’irat,
Bayrût: Dâr al- Nahdat al-‘Arabiat.
14.
Yusuf, Yunan. M.
2004. Corak Pemikiran Kalam Tafsir al-Azhar: Sebuah Telaah Atas Pemikiran Hamka dalam Teologi Islam. Jakarta: Penamadani.
c. Situs Referensi Jurnal
Berikut ini beberapa alamat jurnal
ilmiah yang diterbitkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia, atau dapat dilihat dalam blog : joniharnedi.blogspot.co.id.
Takengon, 15 September 2016
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Joni
Harnedi, M.IS
NIP. 19810611 201403 1002
Hp : 081267409486
E-mail : joni_harnedi_ukm@yahoo.ca
Blog : joniharnedi.blogspot.co.id
No comments:
Post a Comment